Blogroll

News Update :

Blogger news

Home » » Mengatasi Rem cakram Lengket

Mengatasi Rem cakram Lengket

Selasa, 18 Maret 2014 01.12

selamat berjumpa lg, terima kasih

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang sistem rem pd sepeda motor. terutama sistem rem cakram. dalam hal ini rem termasuk komponen yg sangat penting yg mendukung keselamatan daripada pengendara sendiri.


Ok, lah!! nggak perlu panjang lebar lagi pada intinya rem cakaram pd sepeda motor menggunakan sistem hidrolik, dimana cara kerjanya menggunakan pemampatan dari
cairan minyak rem untuk menghasilkan daya tekan terhadap piston cakaram, piston cakram sendiri bekerja mendorong kampas cakram/Dispad untuk menghasilkan tekanan yg kuat terhadap piringan cakram. sehingga menghasilkan daya pengereman yg maksimal. 
Demikianlah cuplikan teori sistem rem cakram pada sepeda motor versi saya.

Sekarang lanjut ke pokok inti permasalahan yg sesuai dengan judul laman kali ini yg membahas tentang rem cakram lengket. perlu diketahui sob, beberapa penyebab terjadinya cakram yg lengket atau macet ini serta penangananya diantaranya hal-hal berikut ;
Handle rem yg gak sesuai dengan kedudukanya, tapi ini jarang terjadi karena produk'' handle rem yg standard  kebanyakan memiliki ukuran yg pas/ sesuai dengan merek'' motor. kecuali type handle rem variasi. kebanyakan saya jumpai memang handle yg variasi ini jarang yg pas dengan kedudukannya sehingga memerlukan kerja lg untuk membuatnya pas di kedudukannya. so saran saya pakailah handle yg standardnya biarpun gak original tp memiliki kesesuaian yg bagus. boleh jg sih pakai yg variasi tp harus memperhatikan kecocokanya di rem kita. 
  1. Sil master rem udah rusak, master rem berfungsi memompa minyak rem untuk menekan piston rem. jadi jika silnya udah rusak maka kerja dari master ini nggaklg bagus, biasanya bocor bisa jg gak mau balik kalo abis ditekan handlenya. nah kalo gak mau balik, atau gak lancar mompanya atau juga lambat baliknya so pasti rem bakalan lengket dah. karna minyak rem terdorong terus oleh master rem yg rusak ini. solusinya ganti master rem dengan yg baru dan memiliki kinerja yg bagus untuk sistem pengereman.
  2. piston cakram kotor / bersihkan piston cakram pakai bensin , seka pakai kain lap dan lumasi dengan oli.
  3. Sil piston cakram udah rusak / mengakibatkan kerja piston gak lancar dan lambat balik ( tidak elastis kerjanya). solusinya ganti dengan sil yg baru.
  4. Lain - lain seperti ; plat penahan kampas selip, piringan cakram baling, dll. 
Nah sob permasalahan umumnya seperti diatas. untuk mendapatkan hasil kerja yg maksimal lakukan pengecekan dengan teliti, penangananya dan pemasangan kembali yg teliti juga. tidak baik menentukan permasalahan tanpa mengetahui letak kesalahannya. demikianlah ulasan tentang Rem Cakram semoga membantu.
YOU MIGHT ALSO LIKE

6 komentar:

Unknown mengatakan...

Makasih gan. Infonya sangat membantu.

edobiker mengatakan...

Sama2, jika ada pertanyaan langsung me edobiker.blogspot.com or di page edobiker di fb. Mksh

Kentaro mengatakan...

mau tanya kalau cakram saya ngerem terus itu solusi nya gimana ya

Kentaro mengatakan...

mau tanya kalau cakram saya ngerem terus itu solusi nya gimana ya

Unknown mengatakan...

Maaf master saya mau nanya,kemarin cakram motor saya lengket,terus saya bawa ke dialer kata orang dialer piston rem nya macet,trus saya suruh orang dialer servis,setelah di servis gak lama saya pakai malah lengket lagi,itu apa ya masalah nya??
Pdahal piston rem belakang nya udah di perbaiki

Unknown mengatakan...

Gan rem motor saya depan dan belakang lengket. Padahal saya sudah servis ke bengkel.kata org bngkel itu masternya.saya surunh ganti master ny ,masih tetap lengket.dan juga piston rem nya pun sudah diservis juga.tapi tetap lengket.
Itu apanya ya?
Tolong pencerahan nya.
Trmks.....

Posting Komentar

 

© Copyright Edo Biker 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.