Blogroll

News Update :

Blogger news

Home » » Perbaikan sistem Pengapian Yamaha

Perbaikan sistem Pengapian Yamaha

Selasa, 18 Maret 2014 01.26

permisi shobat,
bagi yg sering otak atik motor sendiri, dan ingin melakukan perbaikan motor sobat, ataupun sobat sendiri seorang mekanik hal yg perlu diperhatikan banyak sekali. sesuai judul dan tema pengapian kini pada motor yamaha baik yg menggunakan sistem pengapian dc(Dirrect current) ataupun AC(Alternative Current).

ok lah kita bahas dulu di motor sistim Ac(alternative current) ; ymh crypton vega lama, f1 f1zr, Rxk dll
. ok lah langsung saja sob. untuk motor2 merk diatas sistim pengapianya yg bersumber dari spool pengapian dan salah satu komponen kalo saya sebut namanya batu api" yg letaknya gandeng dg spool untuk  lampu tp untuk type motor2 lama kalo ngga slh tahun dibawah type rx-k/king atau bahkan rx sendiri biasanya spool ini letaknya terpisah dg spool lampu, yg dimana kabel yg menuju cdi umumnya berwarna merah hitam tp bisa jg warna laen dan kabel masanya warna hijau tp bisa jg warna laen. nah ada satu lg ni komponen yg gak kalah pentingnya namnya "pulser" ngga tau kalo sob sebutnya ape? dan komponen ini gunanya utk balancing drpada proses pengapian sendiri ataupun mengatur saat pengapian. nah sob ini penting  "pulser ini jarang sekali mengalami kerusakan malah biasanya dia gak mau diceraikan oleh motor vega crypton saat penggantian spool set. masak sih?? berdasarkan pengalaman yg sangat sering terjadi oleh saya sbg seorang mekanik, penggantian spool komplit/set yg bukan originalnya membuat kinerja motor kita sangat tdk bagus itu kenapa fulsernya yg murahan lah yg membuat hal tersebut terjadi , menurut saya ya" tp itu memang fakta yg ada di dunia tempat kita makan dan minum ini kok sob percaya deh !!! cius??/ so solusinya fulser yg lama ngga usah diganti spoolnya aja mas bro boleh dilakukan penggantiannah kalo dah diganti lakukan lah pengecekan dg meng engkol motor sembari kita tempelkan kabel merah hitam tadi ke masa atau bodi. kalo api besar so dah ok lah tu spool yg kita pasang tadi.

trus lakukan lah pemasangan kabel ke soket cdi dan soket kiprok/regulator tentunya secara benar dalam artian warna kabel yg sama dan menancap kuat2.  kalo dah, cek pengapian lg dg cara yg sama tapi kabelnya yg berbeda , tadi yg dari spool skarang yg dari cdi biasanya warna orange. jika dari kabel orange td mengeluarkan api itu pertanda bagus , nah kalo ngga sob? berarti kunci kontak bermasalh atau kabel yg mengarah kekunci kontak bermasalah, cek kabel warna hitam putih ada yg nyangkut ke bodi atau ngga, atau langsung aja puuskan kabel itu kemudian cek lg kabel orange td ada ngga pengapian disana? kalo ada berarti masalah pada kunci kontak. nah kalo nggak ada berarti cdi lo yg KO.

Ok , sekarang lanjut dg singkat saja soalnya udah malam saya juga udah ngantuk dah bosen jg didepan komputer buru2 mau nonton bola nih. langsung aja cek koil/ignition coil nya kalo kabel yg ke busi keluarin api biru agak ungu itu bagus dan tinggal langsung pasang aja busi dan motor kita dah bisa start selagi bensin, karbu, kompressi aman saja. demikian lah artikel saya terkait pengapian motor ymh sistimAC. untuk DC dan info laen nanti kpn2 disambung lg, terimakasih sob barang kali tutorial tsb bisa membantu untuk memperbaiki sistem pengapian motor anda dan atau terjadi pengapian hilang di motor anda.


category
posted from Bloggeroid
YOU MIGHT ALSO LIKE

1 komentar:

Unknown mengatakan...

bosku minta info'y dung cara ubah pengapian jd AC, tanpa aki

Posting Komentar

 

© Copyright Edo Biker 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.