mesin suzuki satria f150 |
motor satria f150/sat-fu
pada dasarnya semua motor 4-tak itu memiliki sistem kerja yg sama semua termasuk di motor satria-F sendiri.
kita tahu motor 4tak memiliki 4 langkah kerja, yaitu:
1.langkah hisap
2.kerja
4.kompressi
5.dan buang
di motor satria fu sendiri memiliki bebrapa kelebihan yg membuat perbedaan dibanding dg motor bebek 4tak lainya, seperti halnya adalah jumlah komponen, ukuran dan jenis bahan komponen didalam mesin.
sehingga motor ini memiliki keunggulan kinerja mesin lebih optimal dan maksimal dibanding motor bebek dikelasnya.
untuk komponen mesinnya sendiri, kita tahu dibeberapa motor bebek memiliki jumlah klep yg pada umumnya hanya ada 2buah, satu klep in dan ex.
beda di motor satria fu ia memilik 4buah klep, masing2 adalah klep in 2buah dan ex 2buah
untuk jenis bahan silinder bloknya menggunakan bahan dari logam besi.
lihat gambar.
silinder block satria f150 |
untuk penyetelan klepnya sendiri menggunakan sim sebagai pengatur celah kerenggangan klep. sim-sim klep ini memiliki ketebalan yg berbeda-beda untuk klep in dan exnya.
selain beberapa perbedaan itu satria fu juga memiliki 2buah noken as
noken as sat fu edobiker |
dan ini biasanya agak membingungkan beberapa mekanik yg melakukan setel top kompresinya.
sebenarnya pada motor 4tak untuk penyetelan top kompressi itu sama saja dan tidak akan membingungkan jika sudah tahu cara kerja sistem motor 4tak sendiri.
untuk penyetelanya bisa dilakukan dengan memastikan posisi piston berada pada posisi TMA atau titik mati atas.
dan untuk top noken as-nya, pastikan posisi noken as klep in bersiap untuk menekan klep in dan noken as klep ex posisi membelakangi noken as klep in kalo dibentuk sudutnya sekitar 75derajat antara posisi noken as in dan ex.
gambar top sat fu dikutip auto-champion |
gambar akan diupload dan disertakan sumber untuk gambar penyelan top kompressi sat fu.
posted from Bloggeroid
mendapatkan dollar gratis klik disini>>
0 komentar:
Posting Komentar